Membuat kaos “Tie Dye” dengan menggunakan pemutih pakaian

DIY ( Do It Yourself )

Halo sobat edukasi. Apakah kalian pernah dengar isitlah ” TIE DYE ” ? Tie Dye atau yang biasa dikenal dengan isitilah jumputan adalah salah satu teknik pewarnaan pada tekstil yang menggunakan ikat dan celup. Di Dunia Tie Dye identik dengan warna- warna yang cerahdan motif yang umumnya berbentuk seperti pusaran ( spiral ).

Trend ini sempat booming di Indonesia semenjak kemunculan film ” laskar pelangi ” sampai-sampai terkenal dengan isitilah kaos laskar pelangi. Teknik ikat celup ini bervariasi, metode lama menggunakan bahan-bahan kimia seperti garam costik, atau pewarna pakaian. Namun seiring berjalannya waktu cairan-cairan pewarna itu sudah diproduksi oleh beberapa merk dagang dengan kualitas yang lebih bagus dan lebih aman.

Nah disini saya akan memberikan tutorial membuat ” KAOS TIE DYE ” yang murah dan mudah dengan menggunakan pemutih pakaian. berikut langkah-langkahnya:

Kalian siapkan terlebih dahulu untuk keamanan dan kenyamanan kalian dalam membuat tie dye ini berupa : sarung tangan dan masker karena pemutih pakaian ini baunya sangat menyengat dan tidak baik langsung kena kulit.

LANGKAH-LANGKAH

perhatikan nomor pada gambar :

  1. Siapkan kaos atau bahan lainnya yang ingin kalian tie dye. Kalo bisa kaos yang berwarna gelap atau cerah ( selain putih ).
  2. Basahi keseluruhan kaos dengan air kemudian diperas.
  3. Mulai membuat motif dengan menjumput bagian tengah kaos kemudian diputar membentuk spiral.
  4. membentuk spiral atau seperti bunga mawar.

5. Ikat kaos yang sudah dibentuk spiral dengan karet atau tali minimal 3 atau 4 karet menjadi seperti potongan pizza. Ikatan jangan terlalu kencang jangan terlalu kendor.

6. Mulai warnai dengan pemutih pakaian dengan cara disiram sedikit sedikit disetiap bagian kaos yang sudah terbagi. Lakukan kedua sisi depan dan belakang. untuk banyaknya pemutih yang dituangkan kira-kira saja.

7. Diamkan sebentar, jika sudah mulai berubah warna, kalian masukan kedalam plastik kemudian diikat dan didiamkan selama 8 – 24 jam. semakin lama hasilnya akan semakin baik.

8. Apabila sudah didiamkan sesuai waktu yang ditentukan. Keluarkan kaos ( ingat jangan lupa tetap menggunakan sarung tangan dan masker ) kemudian siapkan ember berisi air bersih dan sedikit deterjen untuk membilas kaos tersebut agar sisa-sisa cairan pemutihnya hilang.

9. Setelah itu kalian bisa langsung cuci biasa dan kemudian dijemur. Selanjutnya siap digunakan.

Oke sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan bisa coba di praktekan.